Home / Rilis Kegiatan / PTSL Tiba di Desa Sinartanjung

PTSL Tiba di Desa Sinartanjung

PTSL Tiba di Desa Sinartanjung

 

Progam Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) dari Pemerintah Jokowi melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN)  akhirnya sampai di Desa Sinartanjung. Program ini yang telah lama di tunggu oleh masyarakat sejak beberapa tahun yang lalu. Pada tahun-tahun  sebelumnya Pemerintah Desa dengan BPN hanya bisa memprogramkan sertifikasi tanah masal eks redist landrefroam yaitu program sertfikasi tanah hanya tanah kosong, tanah kebun, tanah ladang dan sawah yang dulunya bekas perkebunan karet pada zaman kolonial belanda hingga awal-awal kemerdekaan RI. Pada PTSL ini justru sebaliknya yakni sertifikasi tanah untuk yang sudah terdapat bangunan.

Dalam sosialiasi yang dilaksanakan pada Kamis 26 Juli 2018 di Aula Desa Sinartanjung, progam PTSL ini berjumlah 250 bidang. 250 Bidang sendiri telah di tentukan oleh BPN Kota Banjar. Masyarakat sangat antusias dan berterima kasih karena ini lah yang ditunggu-tunggu oleh mereka apalagi biaya program ini sangat meringankan masyarakat hanya Rp. 150.000 perbidang dan jauh lebih murah ketimbang pada umumnya.

Menurut Endang Suryadi selau ketua panitia PTSL Desa Sinartanjung persyaratan dari BPN yang harus dilengkapi masyakarat penerima progam ini yaitu FotokopyiKTP, Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi SPPT terbaru. Kendatipun hanya 3 yang dimaksud panitia menambah persyaratan lain  yaitu fotocokopi surat pernyataan jual beli dan kwitansi apabila kepemilikan tanah dari jual beli dan atau surat peryataan ahli waris apabila tanah tersebut dari warisan keluarga. “Kami menambahkan persyaratan tersebut agar dikemudian hari tidak terjadi masalah” ucap ketua Panitia PTSL Desa. Program PTSL ini hanya untuk masyarakat yang memiliki tanah dan  bangunan yang benar benar belum memiliki sertifikat tanah dan tidak berlaku untuk split sertifkat, sertifikat yang hilang, atau pergantian nama kepemilikan sertifikat.

Program PTSL dari pemerintah bertujuan agar status kepemilikan tanah jelas, mengurangi konfiliks pertanahan, dan dapat meningkatkan kesejahetraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat ini, dengan adanya sertifkat masyarakat dapat menambah modal usaha karena tentu sertifikat dapat di jaminkan ke Bank untuk meningkatkan dan membuka peluang usaha masyarakat.

 

* * *

 

 

 

 

 

About admin

Check Also

Rotasi dan Promosi Perangkat Desa Sinartanjung

Rotasi Dan Promosi Perangkat Desa Sinartanjung by DESA SINARTANJUNG DESA SINARTANJUNG on Scribd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *