Home / KKN UIN / Mengenal Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Falah

Mengenal Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Falah

Pada Tahun 1998 Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Falah berdiri, yang bertempat di Kp. Pananjung Timur, RT 30 RW 07, Desa Sinartanjung, Kec Pataruman, Kota Banjar. Sebelum pemekaran dengan desa mulyasari,  Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Falah bertempat di lokasi di samping jln, yg berdekatan dengan kantor desa sinartanjung saat ini. Tujuan utamanya adalah untuk mendidik anak-anak supaya cerdas dalam agama.

Pembagian kelas di Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Falah terdiri dari dari 5 kelas, kelas 1 sampai kelas 5 sedangkan kelas 6 tidak disediakan, karena kekurangan guru dan dipindahkan ke desa sebelah yang sudah ada kelas 6 nya. Prestasi yang pernah dicapai di Madrasah Diniyah Miftahul Falah Cerdas Cermat dan Busana Muslim. Materi yang ditonjolkan di Madrasah ini diantaranya fiqih, aqidah, qiraatul qur’an dll.

Tenaga pendidik yang ada di Madrasah Diniyah Miftahul Falah terdiri dari 3 pendidik, 1 kepala madrasah yang bernama pak ujang maman, dan 2 pendidik yaitu pak ius kamil dan ibu erni. KBM Madrasah Diniyah Miftahul Falah itu hari senin sampai kamis, sabtu sedangkan hari liburnya hari jum’at dan minggu.

Disamping itu Madrasah Diniyah Takmiliyah ini juga ada kegiatan ekstra, yaitu berupa kesenian Islami, seperti Qasidah Rabbana. Qasidah adalah seni suara yang bernapaskan islami, di mana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran islam. Biasanya lagu-lagu itu dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan yang hampir menyerupai irama-irama timur tengah dengan diiringi rabbana, yaitu sejenis alat tradisional yang terbuat dari kayu, dibuat dalam bentuk lingkaran yang dilobangi pada bagian tengahnya, kemudian ditempat yang dilobangi itu ditempel kulit binatang yang telah dibersihkan bulu-bulunya. Kegiatan tersebut diberikan kepada peserta didik pada hari Jum’at dan hari minggu. Kegiatan tersebut berupa pelatihan dan bimbingan agar perserta didik lebih terampil dalam memainkan alat music islami. Dengan diadakannya pelatihan dan bimbingan kesenian islam ini, diharapkan peserta didik mampu menyampaikan dan meneruskan syiar islam melalui syair.

Dengan adanya Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Falah ini sebagian peserta KKN SISDAMAS 2017 yang mempunyai disiplin ilmu Keagamaan langsung terjun dalam kegiatan keagamaan ini, dengan cara membantu pengajaran dan ekstrakulikuler. Diharapkan dengan adanya peserta KKN SISDAMAS 2017, tenaga pendidik yang ada di madrasah ini bisa terbantu.

Penulis: Mulki M. Rifa dan Mochamad Nasrudin

Narasumber: Pak Ujam Imam (Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Miftahul Falah)

About admin

Check Also

Rotasi dan Promosi Perangkat Desa Sinartanjung

Rotasi Dan Promosi Perangkat Desa Sinartanjung by DESA SINARTANJUNG DESA SINARTANJUNG on Scribd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *